Kisah Si Cabe

Apa judulnya sudah kontroversial? Hahahaha

Karena sering liat blog berkebunnya Mba Nella, jadi pengen punya tanaman sendiri nich. Inget di rumah mama juga banyak tanaman, yah kaya cabe, jeruk songkit, jambu bangkok, mawar, dan lain-lain. Tapi tentu saja jalannya panjang (dan lama) sampai bisa punya tanaman sendiri.

Awalnya tiap liat cabe yang bagus bentuknya, bijinya di keringkan terus disimpan. Terus pas pulang ke sukabumi, pergilah ke penjual tanaman. Ga beli tanaman nya kok, tapi beli tanah. Tanahnya kasi ke mama (untuk di kebunnya), lalu saya dapet pot (2) yang sudah diisi tanah (yang dibeli di penjual tanaman). Jadilah pot yg berisi tanah itu diajak ke Jakarta. Nah sesudah sampai, baru deh biji cabe yg dikeringkan itu ditanam di pot.

Awal menanam biji cabe itu 20 September 2017. Dicatet dan diinget-inget, soalnya lagi semanget bener. Hahahaha

Nah inilah progress cabenya

cabeupload

Akhirnya setelah 2,5 bulan, munculnya cabe pertama. Seneng pake banget. Lalu muncul cabe-cabe berikutnya. Untuk nunggu cabe sampai warna merah, ternyata perlu waktu 2 minggu. Wowwww..

1 Maret 2018, jumlah cabe nya ada 20. Lumayan. Eh pas weekend, diambil 4 donk. Khusus buat dimasak sama ind*mie. Rasanya gimana gitu makan ind*mie pake cabe yang ditanam sendiri. Senang dan haru jadi 1. Hahaha

indomie cabe

Menanam cabe ini juga yang membuat saya merasa harga cabe di pasar tidak (terlalu) mahal . Karena (ternyata) lama juga ya proses dari awal menanam sampai panen, dan berapa banyak waktu yang dibutuhkan agar tanaman cabe tumbuh sempurna dan menghasilkan. Lalu saya juga belajar bersyukur dengan cabe yang tumbuh, karena tidak semua tanaman cabe akan berbuah.Di pot 1 lagi, tanaman cabe nya tumbuh subur, namun bunganya selalu rontok (ga jadi cabe).

Setelah cabe ini, saya ingin menanam tomat. Saya ingat di rumah dulu, tanaman tomatnya selalu berbuah banyak. Saya juga suka sekali makan tomat. Tapi tunggu pulang dulu ke rumah mama ah, mau beli tanah dan pot lagi. Hehehe

Ps. Selain cabe saya juga menanam bawang merah (diambil daunnya buat dadar telor), bawang daun (msh pendek jadi belum diambil daunnya), dan kemangi (cuma 2/3 batang saja yang hidup dan subur, walau dikasi anakannya banyak sama tetangganya temen kantor)

Cheers

Diana

Advertisements

Author:

A wife and a mother of baby boy. Working mom who love to crochet, knit, sewing and other craft ^_^

4 thoughts on “Kisah Si Cabe

  1. Mba Diana, tuh cabe rawit bukan?, biasanya cabe kan menghadap kebawah buahnya, klo ke atas begitu rawit ya?, saya punya yg cabe pelangi, modelnya ya begitu buahnya ke atas, dan ngedut2, tp ga pedas buat saya. Enak ya di tanah air sih nanam bisa kapan aja. Kalau sdh musim gugur, tanaman cabe dan tomat sampai saya tutupi plastik spy ga kehujanan, trus disayang juga eh mati sendiri pas winter haha 😀 . Eh yia nanam tomatnya yg unik2 mba, spt tomat cherry dan lainnya ukurannya kecil. Happy gardening yaa :mrgreen: .

    Like

    1. Hai Mba Nella, iya ini cabe rawit. Eh ada numbuh cabe biasa juga tapi cuma berbuah 1 dan kecil bener :(. Percobaan cabe lumayan suskes karena numbuh dan berbuah (walau dikit). Next tomat, penasaran bener nich. Pengen cari bibit tomat cherry dan tomat apel, enak buat dimakan soalnya. Happy Gardening juga mba 😀

      Like

      1. Tomat apel wah aku baru denger tuh 😀 . Aku penasaran yg tanaman TomTato® tanaman tomat dan kentang jadi satu. Bagian bawah kentang, atasnya tumbuh tomat cherry. Masih belum sreg beli krn mahal tanamannya (youngplants).

        Like

      2. Tomat apel itu tomat biasa tapi kulitnya agak keras dan rasanya asam manis seger. Entah kenapa disebut tomat apel, di pasar bilangnya seperti itu, jadi kita ikut-ikut aja biar gampang. Hahaha.
        Atas tomat dan bawah kentang. 2 tanaman khan mba? Jadi tertarik nich, ntar siangan googling juga ah. 😀

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s